Rabu, 14 Agustus 2013

Workshop Penyusunan Road Map 2013 – 2017 Dan Pedoman Penyelenggaraan Sekolah Berbasis TIK Tahun 2013


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT) saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar dalam mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. Perkembangan TIK di Kalimantan Selatan khususnya dalam dunia pendidikan masih perlu upaya yang lebih optimal. Berbagai upaya pengembangan dan pemanfaatan TIK untuk pendidikan akan terus dilakukan secara terintegrasi, sistematis dan berkelanjutan. Sampai saat ini belum ada acuan pemanfaatan TIK di sekolah, sehingga Kalimantan Selatan pun belum memiliki standar dan panduan yang jelas mengenai pendayagunaan TIK di sekolah.
Berdasarkan hasil Rakor Pengembangan TIK Untuk Pendidikan Provkalsel tanggal 4-6 Juni 2012 yang lalu disepakati bahwa mulai tahun 2013 Kalimantan Selatan mulai mencanangkan Program Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Oleh karenanya, diperlukan satu landasan perencanaan yaitu Peta Data Sekolah Berbasis TIK. Sehingga Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Road Map 2013 – 2017 dan Pedoman Penyelengaraan Sekolah Berbasis TIK Tahun 2013.
Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan Workshop Penyusunan Road Map 2013 – 2017 dan Pedoman Penyelengaraan Sekolah Berbasis TIK Tahun 2013 adalah sebagai berikut : (1) sebagai bahan acuan/pedoman bagi sekolah, pemerintah daerah (dinas pendidikan), dan masyarakat  dalam pendayagunaan TIK secara bertahap, kontinyu dan optimal, baik dalam aspek kebijakan/program, SDM, infrastruktur, konten, dan pembelajaran, (2) mengarahkan pelaksanaan kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan guna terwujudnya kondisi belajar mengajar yang berorientasi pada proses yang lebih efektif dan efisien, (3) menumbuh kembangkan budaya pemanfaatan TIK di lingkungan sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta layanan (administrasi dan informasi sekolah), (4) meningkatkan kesadaran dan motivasi guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, (5) meningkatkan kompetensi guru untuk berperan sebagai pendidik dan fasilitator dalam membantu siswa mencapai tujuan belajar dengan menggunakan TIK, (6) melatih peserta didik untuk secara dini mampu mengorganisasikan aktivitas belajar dari dalam diri sendiri (student-centered) dan tidak selalu bergantung pada guru (teacher-centered), (7) mengklasifikasikan sekolah berdasarkan penggunaan TIK (level perintis, level menengah, level lanjut, dan level mandiri)
Kegiatan Workshop Penyusunan Road Map 2013 – 2017 Dan Pedoman Penyelenggaraan Sekolah Berbasis TIK Tahun 2013 telah dilaksanakan selama 2 hari terhitung tanggal 16 Juli – 17 Juli 2013 yang bertempat di Hotel Rodhita Jl. Pangeran Antasari – Pasar Pagi No. 41 Banjarmasin. Kegiatan ini diikuti oleh 39 peserta yang berasal dari 13 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Selatan.
Dari kegiatan diadakannya Workshop Penyusunan Road Map 2013 – 2017 Dan Pedoman Penyelenggaraan Sekolah Berbasis TIK Tahun 2013 diharapkan (1) adanya desain program sekolah berbasis TIK yang menjadi acuan bagi pemerintah daerah (dinas pendidikan) provinsi dan kabupateb/kota, dan adanya dukungan dari masyarakat untuk memanfaatkan TIK secara optimal guna peningkatan kualitas pendidikan, (2) dengan adanya Peta Data Sekolah berbasis TIK akan memudahkan dalam pembuatan buku pedoman penyelenggaraan sekolah berbasis TIK dan menyusun Rencana Induk atau Road Map Program Sekolah Berbatik Provinsi Kalimantan Selatan 2013 – 2017. (-vn-)

0 komentar:

Poskan Komentar