Sabtu, 12 Oktober 2013

Manfaat CD Pembelajaran untuk SD-SMP-SMA-SMK

Media mengajar yang paling dikenal di pelayanan anak sering disebut dengan istilah singkat, alat peraga. Media alat peraga dan benda sering disebut sebagai alat modern, karena kesadaran mengenai pentingnya memakai media mengajar dalam pelayanan anak masih baru. Melalui pemakaian alat peraga dan peraga benda, imajinasi anak dirangsang, perasaannya disentuh dan kesan yang dalam diperoleh. Melaluinya anak belajar dengan semangat dan dapat mengingat dengan baik.
Dalam mengajar, panca indera dan seluruh kesanggupan seorang anak perlu dirangsang, digunakan dan dilibatkan, sehingga ia tak hanya mengetahui, melainkan dapat memakai dan melakukan apa yang dipelajari. Panca indera yang paling umum dipakai dalam mengajar adalah mendengar. Melalui mendengar, anak mengikuti peristiwa demi peristiwa dan ikut merasakan apa yang disampaikan. Seolah-olah telinga mendapat mata. Anak melihat sesuatu dari apa yang diceritakan. Namun ilmu pendidikan berpendapat, bahwa hanya 20% dari apa yang didengar dapat diingat kemudian hari. Kesan yang lebih dalam dapat dihasilkan jikalau apa yang diceritakan “dilihat” melalui sebuah gambar. Dengan demikian melalui mendegar dan melihat akan diperoleh kesan yang jauh lebih dalam. Media mengajar (alat peraga dan peraga benda) seperti: CD Pembelajaran, Peta, Poster/Carta dan lain-lain. dapat menolong anak untuk mengingat dengan lebih baik, yaitu mampu mengingat 50% dari apa yang didengar dan dilihatnya. Dari uraian di atas kita dapat mengetahui bahwa alat peraga penting untuk menimbulkan perhatian, memberi pengertian yang lebih mudah, memelihara perhatian, dan membantu ingatan.
CD Pembelajaran bermanfaat sekali untuk kegiatan belajar mengajar diantaranya adalah: Memudahkan para pengajar untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik karena didalam CD dapat berisi video dan simulasi yang bergerak, Menghemat produksi buku, Pemanfaatan teknologi yang maksimal, Mudah disebarluaskan, Simpel dan tidak memakan banyak tempat.

Untuk mendapatkan Aplikasi Pembelajaran Bisa kunjungi Dinas Pendidikan provinsi Kalsel Aplikasi PSB akan diberikan secara Gratis....
Sumber : blogdetik.com dan Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar